RSS

Kekurangan dan kelebihan browser google chrome

29 Jan

Seperti yang kita ketahui Google yang terkenal dengan search enginenya sudah memiliki sebuah aplikasi browser yang dinamakan chrome. Browser ini bisa dibilang populer, karena yang mempunyai browser ini adalah si raja search engine yaitu Google.

1). Kekurangan Browser Google Chrome :

1.     Privasi : Google menyimpan 2% data pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu data ini akan dianonimkan. Bisa diartinya google tahu siapa mencari apa dan dimana.

2.     Lisensi : Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tetapi point ini telah dicabut oleh pihak Google.

3.     Keamanan : Beberapa pakar security menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki feature download otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh hacker.

4.     Extensions : Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/add ons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.

5.     Bahasa : Pada Chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.

2). Keunggulan Browser Google Chrome :

1.     Tampilan : Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa Google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengganggu dan nyaman ketika digunakan.

2.     Modus Penyamaran : Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak. Sehingga cocok digunakan untuk mengkases konten yang berbau porno secara diam-diam.

3.     Aplikasi Web : Google memberikan pilihan Make Application Shortcut. Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti Gmail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada desktop atau start menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal.

4.     Pengelolaan Memory :  Pada setiap tab yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika error/crash pada salah satu tidak akan meyebabkan seluruh browser error.

5.     Pencarian : Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, Chrome dapat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.

6.     Anti Penipuan : Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank, maka akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi ibank.

 
Leave a comment

Posted by on January 29, 2011 in Tips and Trik

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: